Cara Simple, Cepat dan Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin


SocialTrenz - Makanan yang enak dan sehat merupakan makanan yang unggul dalam cita rasanya, serta kandungan dari bahan makanan yang digunakan tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, makanan yang enak dan sehat tidak selamanya harus memperhatikan dalam hal cita rasa atau kandungan dari bahan makanan itu sendiri, karena bisa saja bahan makanan yang digunakan untuk memasak yang kita anggap sehat dari segi kandungannya ternyata sudah tidak sehat karena dimanipulasi oleh pedagang atau lain sebagainya.

Hal ini biasanya dilakukan oleh para pedagang curang untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Nah, salah satu bahan makanan yang sering dimanipulasi atau diakali yaitu ayam. Ayam diakali dengan berbagai cara agar terlihat tetap segar, namun faktanya ayam tersebut sudah lama atau busuk.

Seperti yang kita ketahui, menjelang hari raya atau lebaran permintaan bahan makanan seperti daging ayam memang sangat meningkat di pasaran. Ketika anda membeli ayam, anda harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilih dan membedakan ayam segar dan berkualitas dengan ayam sebaliknya. Saat ini banyak beredar ayam tiren, ayam berformalin dan ayam suntik di pasaran. Nah, agar anda tidak terjebak ketika memilih ayam, berikut ini kami sajikan tips mengenali ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin seperti di bawah ini.

Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin


Ayam Suntik


Ayam suntik merupakan ayam yang ditambahkan air dengan cara disuntikan pada bagian dada, punggung, atau paha. Cara ini dilakukan agar ayam yang kecil bisa terlihat besar. Berikut ini ciri-ciri ayam suntik yang harus diwaspadai.
  • Ayam suntik biasanya memiliki kulit yang mengkilap dan teksturnya tidak kesat.
  • Daging ayam ketika dimasak akan mengeluarkan cukup banyak air dan ukurannya akan menyusut.
  • Ketika ditekan daging ayam akan kencang dan tidak lembek.
  • Jika daging ayam disimpan dengan posisi digantung atau ketika diangkat akan banyak meneteskan air. Jika ayam tersebut diletakan akan terlihat basah dan air akan menggenang di sekitarnya.


Ayam Tiren


  • Ayam tiren merupakan ayam yang sudah mati sebelum dipotong atau dijual. Ayam ini apabila dikonsumsi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Berikut ini ciri ciri ayam tiren yang harus anda cermati.
  • Ayam tiren biasanya memiliki aroma yang lebih amis dibandingkan dengan ayam lainnya.
  • Bekas potongan pada  bagan leher ayam akan terlihat sedikit dan tidak lebar.
  • Ayam tiren memiliki daging yang berwarna pucat, tidak segar atau kebiruan.
  • Pada bagian leher atau kepala ayam terdapat bercak-bercak darah.


Ayam Berformalin


Pemakaian formalin pada bahan makanan tertentu saat ini sudah menggemparkan dan meresahkan banyak warga. Formalin itu sendiri merupakan bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan tidak dianjurkan untuk dipakai pada bahan makanan. Namun, demi meraup keuntungan yang lebih banyak biasanya banyak pedagang yang memanfaatkan bahan kimia yang satu ini agar dagangannya lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Salah satu bahan makanan yang sering diawetkan dengan menggunakan formalin yaitu ayam.

Berikut ini ciri-ciri ayam berformalin.
  • Ayam berformalin memiliki daging dengan tesktur yang kenyal dan warnanya putih mengkilat.
  • Ayam berformalin juga biasanya memiliki aroma yang khas seperti menyerupai bau obat.
  • Selain itu, lalat enggan hinggap pada ayam berformalin sehingga dagingnya tidak dikerubuti oleh lalat.


Demikian tips cermat mengenali ayam tiren, suntik dan berformalin. Demi kesehatan keluarga anda harus lebih selektif ketika membeli dan memilih bahan makanan tertentu.

Semoga bermanfaat...!



Sumber : Selera Rasa, Google.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara