Masya Allah! Baca dan Amalkanlah Surat At-Tiin, Pahala yang Tidak Terputus Hingga Tua Nanti Jaminannya



SocialTrenz - Islam mengajarkan dan selalu menuntun kita untuk beribadah. Setiap perkara yang diridai oleh Allah dianggap sebagai ibadah. Dengan membaca Surah At-tiin akan memberikan keutamaan yang sangat besar untuk umat manusia. Terlebih manusia tidak pernah luput dari dosa sehingga ibadah ini dapat menutup kesalahan kita selama hidup hingga tua.

At-tiin adalah salah satu surah yang ada di dalam Al-Qur’an. Surah At-tiin memiliki 8 ayat dengan arti dan maksud yang luar biasa. Surah ini juga memiliki keutamaan yang akan bermanfaat untuk hidup kita. Inilah surah at-tin ayat 1-8 beserta artinya yang mengajaran pada kita mengenai suatu kebaikan.

Suatu ketika Allah telah bersumpah mengenai tiga tempat ketika diutusnya para Nabi Ulul ‘Azmi, yakni:

  • Tempat adanya buah zaitun dan tiin, yakni Baitul Maqdis dimana Nabi Isa diutus oleh Allah.
  • Bukit Sinai adalah tempat dimana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa AS.
  • Negeri Mekah dengan rasa penuh amannya, ialah tempat dimana Allah mengutus Nabi Muhammad SAW.


Berikut ini adalah penjelasan mengenai makna surat at-tin ayat 1-8 terhadap pahala yang tidak terputus hingga tua:

Masa tua adalah masa dimana seseorang mengalami penurunan performa dalam menjalani hidup. Hal ini akan berdampak pada semangat mereka untuk terus beribadah. Ketika seseorang dalam masa kecil, maka mereka belum begitu paham mengenai amalan-amalan tersebut. Ketika mereka sudah tua, mereka juga akan kesulitan dalam mengerjakan ibadah. Berbeda halnya jika mereka masih muda dimana mereka masih memiliki energi yang besar untuk melakukan amalan sebanyak-banyaknya.

Masa muda adalah masa dimana mereka dapat mengerjakan amalan yang lebih banyak. Namun, ketika tua mereka sudah tidak memiliki energi yang sama kuatnya ketika muda. Allah akan memberikan pahala yang sama pada orang tua itu ketika masa mudanya ia gemar beribadah. Hal ini diberlakukan bagi mereka yang tua, apabila Allah memberikan kekuatan yang lebih dalam beribadah maka mereka akan beribadah, orang seperti inilah yang diberi pahala sama seperti masa mudanya meskipun ketika tua ia tidak sebanyak dulu beribadahnya.

Selain itu, surah ini dapat dijadikan sebagai perlindungan kita dari keadaan jelek di waktu tuanya. Perubahan yang terjadi pada masa tua membuat mereka menjadi malas, memiliki hati yang lemah dan tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas baik. Oleh karena itu, ketika tua kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah dan meminta agar dijauhkan dari sifat negatif tersebut.

Doa tersebut meminta perlindungan atas:

  • Sifat al-kasal adalah tidak ada atau berkurangnya motivasi dalam melakukan kebaikan padahal ia masih mampu untuk melakukannya.
  • Sifat al-junb adalah berlindung dari perasaan takut. Surat at tiin ayat 1-8 dan artinya mengajarkan pada kita bahwa jangan sampai muncul perasaan takut untuk berperang dan melakukan amar ma’ruf nahi munkar.
  • Sifat al-bukhl adalah agar kita dihindarkan dari sifat kikir atau pelit. Dengan berdoa, maka kita meminta agar Allah memperlancar jalannya dalam menggunakan harta secara baik di jalan Allah, seperti berinfak, berzakat, sedekah, atau yang lain sebagainya. Karena memang apa yang kita miliki atau harta kita hanyalah titipan Allah untuk kita umat-Nya.
  • Sifat al-harom adalah dihindarkan dari kejelekan umur karena pada masa tua, pikirannya sudah mulai tidak stabil dan sering kacau.


Demikianlah manfaat membaca surah At-tiin, bagi yang sering membaca dan mengamalkan ayat tersebut maka pahala yang tidak terputus hingga tua akan dijamin untuknya.

Semoga Sahabat Semua Berkenan Untuk Menyebarkan Artikel Ini Dengan Membagikan Ke Sahabat Facebook Yang Lain.. Terimakasih...



Sumber : reportasemuslim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara