Resep Donat JCO Beserta Tips Cara Membuat Supaya Empuk, Cobain Yuk!



SocialTrenz - Resep Donat JCO Beserta Bahan Bahan dan Tips Mudah Cara Membuatnya. Siapa yang tidak mengetahui kelembutan dan kelezatan kue berbentuk roda dari JCO Donuts & Coffee. Ya, memang restaurant ini juga menjual kopi dan yogurt, tetapi memang yang paling dikenal orang adalah donat JCO nya. Sebenarnya, selain JCO, ada satu lagi restauran luar yang juga bergerak di bidang yang sama, yaitu Dunkin donat. Tetapi memang citarasa keduanya berbeda dan memiliki ciri tersendiri. Sebenarnya harga donat JCO memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis donat lainnya. Untuk itu, kalau kita bisa membuat sendiri Resep donat JCO di rumah tentu lebih menyenangkan dan ekonomis. Siapa tahu kita juga bisa memulai bisnis berjualan donat ini kalau memang banyak yang suka dengan kreasi kita.

Sebelum donat dunkin dan JCO masuk ke Indonesia, sebenarnya kita sudah mempunyai berbagai macam resep donat yang juga cukup enak dan lezat juga. Sebut saja resep donat kentang, donat madu, donat kampung atau donat goreng. Tetapi memang kalau dilihat, tekstur dan citarasa resep kue donat asli Indoensia dengan resep donat JCO sedikit berbeda. Walaupun keduanya sama sama enak dan empuk, tekstur donat dari JCO memang lebih lembut. Kalau kita perhatikan, ini disebabkan pori pori yang ada di kue donat JCO memang sedikit berbeda dan agak lebar lebar. Hal ini lah yang menyebabkan kue ini teksturnya kelihatan lebih lembut dan empuk.

Untuk membuat donat JCO, memang ada tepung khusus yang biasa digunakan supaya hasilnya lembut dan empuk di dalamnya, yaitu tepung komachi atau tepung jepang. Kalau masalah harga, tentu saja tepung spesial donat ini harganya lebih mahal daripada tepung yang biasa kita gunakan untuk membuat resep donat kampung. Tetapi kalau teman teman susah mencari tepung komachi ini, kita bisa mengganti bahan tepung di resep donat JCO yang akan kita buat dengan tepung terigu kualitas bagus yang mempunyai kadar protein tinggi. Ingat, tepung yang digunakan untuk membuat donat empuk ala JCO ini harus mempunyai kadar protein tinggi karena kalau salah, hasilnya nanti akan bantet dan keras di dalamnya. Tepung juga harus benar benar bersih dan diayak dahulu supaya bersih dari segala kotoran yang mungkin menempel.

Selain tepung terigu yang digunakan, ada satu tips lagi supaya resep donat JCO yang akan kita buat nanti hasilnya empuk dan lembut. Cara membuat donat JCO ini sedikit berbeda dengan cara membuat donat madu, donat kentang atau lainnya. Untuk membuat donat yang empuk dan lembut ala JCO ataupung dunkin donat, bahan yang kita gunakan nanti akan dibagi menjadi 2 bagian tersendiri yang nantinya akan dicampur. Selain itu supaya donatnya nanti empuk dan mengembang sempurna, adonan pertama dan kedua harus didiamkan terlebih dahulu supaya mengembang sempurna. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan lengkap beserta tips cara membuat donat ala JCO dibawah ini.

Bahan pertama :
  • Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein tinggi kurang lebih sebanyak 22 gram saja. Sebaiknya memakai tepung komachi / tepung jepang, tetapi bisa diganti dengan tepung cakra supaya lebih ekonomis.
  • Garam halus beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak sejumput saja (sekitar 1/8 sendok kecil).
  • Ragi instant kualitas bagus kurang lebih sebanyak 7 gram saja.
  • Air bersih untuk menguleni adonanannya kurang lebih sebanyak 150 ml saja.

Bahan Kedua :
  • Tepung terigu jepang atau bisa juga menggunakan tepung terigu protein tinggi produk lokal kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Telur ayam setengah butir saja lalu kocok lepas di luar.
  • Susu bubuk full cream kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 15 gram saja.
  • Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 30 gram saja.
  • Mentega putih yang tidak berasa atau dikenal juga dengan sebutan shortening kurang lebih sebanyak 30 gram saja.

Cara Membuat Donat Empuk dan Lembut Seperti JCO

  • Langkah pertama ayak dan saring tepung di bahan pertama dan bahan kedua sampai benar benar halus dan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Siapkan wadah dan masukkan bahan bahan donat di bahan pertama (tepung terigu, ragi, garam halus) lalu aduk aduk sampai rata.
  • Masukkan air di bahan pertama dan aduk aduk menggunakan mixer sampai semua adonan tercampur rata lalu tutup wadah dan diamkan adonan sekitar 80-90 menitan supaya mengembang sempurna.
  • Masukkan semua bahan kedua ke dalam wadah diatas, seperti tepung, susu, mentega putih, gula pasir dan telurnya lalu aduk aduk dan uleni adonan tersebut menggunakan tangan sampai kalis dan elastis.
  • Tutup wadah adonan kembali dan diamkan supaya tercampur dan mengembang kurang lebih selama 1/4 jam saja.
  • Ambil adonan secukupnya lalu bulatkan dan bentuk lingkaran dengan lubang ditengahnya. Lebih baik kalau menggunakan cetakan donat supaya lebih rapi.
  • Ulangi sampai semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit saja.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak secukupnya sampai bagian bawah donat tidak menyentuh dasar penggorengan.
  • Tunggu minyak sampai panas lalu masukkan adonant donat JCO nya. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.

Selesai sudah resep donat JCO yang kita buat. Tinggal kita mengkreasikan dengan berbagai toping pilihan, seperti pasta coklat, coklat messes, strawbery, moca ataupun toping lain sesual selera. Memang cara membuat donat ala JCO diatas sedikit lebih ribet daripada membuat donat kentang (baca resepnya) ataupun donat kampung (resep bisa dilihat disini). Tetapi semuanya terbayar kok saat kita menikmatinya. Rasanya yang empuk dan lembut sampai di dalam memnag bisa membuat setiap orang ketagihan untuk menikmati donat sederhana ala JCO diatas.




Sumber : resepcaramemasak

0 Response to "Resep Donat JCO Beserta Tips Cara Membuat Supaya Empuk, Cobain Yuk!"

Poskan Komentar