Resep Puding Keju By Lies Surya, Lembut Dan Super Enak! Anak-Anak Di Rumah Pasti Suka


SocialTrenz - Puding Susu Keju ini adalah puding lembut yang super enak. Setiap bulannya bunda Lies Surya selalu membuat puding ini karena memang sangat disukai keluarganya. Apalagi kalau puding ini disajikan dalam keadaan dingin. Hmmm rasanya bikin nagih!

Puding susu keju termasuk jenis puding busa, jadi bunda yang belum pernah membuatnya dirumah jangan heran ya dengan penggunaan putih telur yang tidak ikut direbus. Oleh karena itu, pastikan putih telurnya harus dikocok sampai kaku dan dituangi adonan puding yang masih panas. Kita mulai yuk :)

Pertama Siapkan bahan vla untuk puding yang akan kita letakkan dibagian dasar loyang.

Bahan Vla :


  1. 800ml santan dari 1 butir kelapa
  2. 5 butir kuning telur
  3. 3 sdm tepung maizena
  4. 1 sachet kecil vanili bubuk
  5. 1 kaleng susu kental manis putih
  6. 1/4 sdt garam

Cara Memasak Vla:


  1. Larutkan maizena dengan 3 sdm santan.
  2. Tambahkan sedikit santan kedalam kuning telur dan aduk rata menggunakan whisker. Cukup sampai adonan rata ga perlu dikocok berlebih.
  3. Yang ga punya whisker bisa menggunakan garpu.
  4. Kemudian Campur semua bahan vla dan masak sambil terus diaduk perlahan dengan whisker sampai vla mendidih dan meletup-letup. Angkat.
  5. Tuang vla kedalam wadah puding. Bisa juga menggunakan cup cup kecil ya teman-teman.

Kemudian Siapkan bahan puding :


  1. 900ml air
  2. 250 - 350gr gula pasir (sesuai selera). Bagi gula pasir menjadi 2 bagian, Satu bagian untuk dimasukkan ke puding dan satu bagian lain untuk ke kocokan putih telur.
  3. 5 butir putih telur
  4. 2 bungkus agar
  5. Keju cheddar
  6. Sedikit garam

Cara membuat Puding Susu Keju:


  1. Kocok putih telur dan sedikit garam dengan speed tinggi.
  2. Saat mulai mengembang tambahkan gula sedikit demi sedikit.
  3. Sambil menunggu putih telur kaku, masak bahan puding, caranya rebus air, agar, dan gula sampai mendidih.
  4. Nah Putih telur yang telah kaku (tandanya jika dibalik ga bakalan tumpah) siap dimasukkan adonan puding yang masih panas, tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata (saya pakai speed rendah)
  5. Adonan puding yang sudah dicampur dengan putih telur. Harus rata ya teman-teman supaya nanti puding tidak membentuk lapisan.
  6. Tuang puding keatas vla. Ratakan.
  7. Tandanya adonan puding yang berhasil adalah tidak ada Lapisan antara puding bening dan putih telur. Kalaupun ada, hanyalah berupa lapisan bening tipis dibagian bawah.
  8. Tambahkan keju cheddar parut keatas puding. Kemudian tutup wadah puding dan simpan dikulkas. Harus ditutup supaya kejunya ga berubah jadi kering dan kaku. Puding yang sudah didinginkan dikulkas siap disantap.

Puding susu keju ini tidak cuma enak, tapi juga memiliki penampilan yang sangat menarik. Selamat mencoba dan semoga berhasil....




Resep dan foto: Lies Surya



0 Response to "Resep Puding Keju By Lies Surya, Lembut Dan Super Enak! Anak-Anak Di Rumah Pasti Suka"

Poskan Komentar