Sebelum kamu Menyesal sebaiknya Jangan Langsung Buang Ampas Kelapa Parut! ini nih Khasiatnya!



SocialTrenz - Jadi, kalau kamu sedang hobi-hobinya memasak menggunakan santan dari parutan kelapa, jangan buang ampasnya, ya. Sebab, ternyata ampas kelapa parut tersebut memiliki banyak manfaat lho. Mulai dari berguna untuk menghaluskan kulit, hingga untuk mengepel lantai. Wow!

Nah, berikut ini adalah manfaat ampas kelapa parut yang akan membuatmu berpikir dua kali untuk membuangnya.

1. Menghaluskan kulit


Penduduk di Karibia dan Afrika memanfaatkan ampas kelapa guna pembersihan tubuh yang bermanfaat untuk detoksifikasi kulit. Bagi orang yang kulitnya berminyak, ampas kelapa biasa digunakan untuk pelembab ringan yang dapat menekan kadar minyak berlebihan, lho. Sekaligus bisa bermanfaat dalam menghaluskan kulit. Ampas kelapa ini juga bisa mendinginkan daerah muka dan untuk masker wajah.

2. Ampas kelapa untuk scrub wajah


Scrub yang berbahan ampas kelapa terbukti sangat efektif guna mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit lho, ladies. Kulit yang telah mati juga akan lebih mudah terkelupas. Dengan begitu kulit akan terlihat semakin sehat dan lebih lembut. Sehingga kamu akan tampil lebih percaya diri dan cantik.

3. Ampas kelapa melembabkan rambut kering


Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit muka dan tubuh saja, ampas kelapa juga sangat bagus digunakan untuk perawatan rambut. Cara ini terutama diterapkan untuk pemilik rambut kering. Sehingga kondisi rambut bisa lebih lembab dan terjaga kesehatannya. Dengan penerapan ampas kelapa ini secara teratur, maka rambut akan terlihat lebih berkilau, indah dan cantik. Cara penggunaannya seperti masker rambut.

4. Bisa mencegah risiko serangan kanker


Ampas kelapa bisa diolah menjadi tepung kelapa. Manfaat bahan alami ini memang belum banyak diketahui masyarakat. Ampas ini mengandung tinggi protein, rendah lemak, karbohidrat dan bebas gluten. Selain itu juga bisa mencegah sekaligus mengendalikan beragam penyakit mematikan, seperti diabetes melitus, stroke, hipertensi, serangan jantung, kanker usus besar dan penyakit lainnya.

5. Bisa untuk menurunkan berat badan


Nah, dari olahan ampas kelapa parut menjadi tepung kelapa tadi, ternyata tepung kelapa ini bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan obesitas atau kegemukan, mencegah sembelit atau konstipasi dan menambah kandungan mineral tubuh juga, lho.

6. Ampas kelapa untuk makanan ternak


Manfaat lainnya ampas kelapa merupakan salah satu makanan ternak yang sangat baik untuk pertumbuhan dan membuat ternak cepat besar. Ampas kelapa adalah nutrisi yang sangat baik untuk berbagai ternak seperti sapi, kambing, dan babi.

7. Ampas kelapa sebagai bahan dasar pembuat kue


Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan kue yang memanfaatkan ampas kelapa sebagai bahan utama ataupun hiasan di bagian atasnya. Salah satu kue yang memanfaatkan ampas kelapa ini adalah apem. Selain apem masih banyak lagi kue basah atau kering yang memanfaatkan ampas kelapa dalam proses produksi atau untuk toppingnya.

8. Untuk mengilapkan lantai


Karena sifatnya yang melembabkan, tentunya kamu ingat saat sekolah SD dulu sering membawa ampas kelapa ke sekolah untuk mengepel lantai kelas, bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara