Selain Menyegarkan Ternyata Es Blewah juga Mengandung Khasiat LUAR BIASA Bagi Kesehatan!



SocialTrenz - Blewah selalu jadi primadona di bulan puasa. Selain menyegarkan, blewah juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Blewah merupakan tumbuhan penghasil buah yang sering ditemukan di Asia Tenggara. Blewah selalu jadi menu khusus di bulan puasa. Tidak hanya enak. Buah ini juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan,

Kandungan Nutrisi Blewah

Blewah diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 3382IU per 100 gram buah sehingga mampu mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah hingga mampu mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C.

Blewah juga kaya akan mineral kalium sebesar 267 mg per 100 gram buah (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium). Selain itu blewah juga mengandung nutrisi folat sebanyak 21 mcg per 100 gram buah (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat).

Berikut ini adalah beberapa khasiat buah blewah untuk kesehatan yang harus anda ketahui:

1. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Berat Badan


Manfaat yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan, ini menjadi kabar gembira bagi anda yang sedang menjalankan program diet, karena buah blewah rendah gula dan kalori. Selain untuk menjaga berat badan, buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit.

2. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Tekanan Darah


Kemudian, manfaat yang sangat luar biasa lainnya adalah karena kandungan kalium, vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Kolesterol


Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalma darah, maka mengkonsumsi buah blewah bisa menjadi salah satu solusinya. Tingginya vitamin C dalam buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

4. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Penyakit Jantung


Jika anda takut dengan penyakit jantung, maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, kandungan vitamin C tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluhdarah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

5. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Resiko Kanker


Kabar baiknya, buah ini ternyata juga berkhasiat untuk mencegah resiko kanker. Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

6. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Insomnia


Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, maka buah ini bisa menjadi alternatif solusi. Buah blewah memiliki sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah agar mampu menangkal insomnianya tersebut. Selain itu, manfaat coklat juga memberikan efek ketenangan yang akan memudahkan tidur.

7. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Maag


Penyakit maag bisa diobati dengan buah ini, selain itu blewah juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi penderita maag, dianjurkan untuk membuatnya sebagai jus agar mudah dicerna.

8. Manfaat Buah Blewah untuk Menjaga Kesehatan Mata


Mata sehat merupakan hal sangat penting, karena mata merupakan organ yang memiliki peran sangat vital bagi kehidupan manusia. Buah blewah mengandung vitamin yang cukup tinggi, dengan mengkonsumsi belwah, maka mata anda akan tetap sehat. Selain itu, manfaat vitamin A juga berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

9. Manfaat Buah Blewah untuk Memelihara Kesehatan Kulit


Menjaga kesehatan kulit sangat penting, apalagi bagi anda yang beraktivitas di bawah sinar matahari, terkena polusi atau ruangan ber-AC. Kandungan vitamin C dan A pada buah blewah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan manfaat vitamin E ini, sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

10. Manfaat Buah Blewah untuk Menyehatkan Janin


Manfaat buah blewah mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin sehat. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah ini, membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

11. Manfaat Buah Blewah untuk Melancarkan Pencernaan


Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Sebab, buah blewah memiliki kandungan vitamin A dan serat makanan dalam buah tersebut.

12. Manfaat Buah Blewah Karena Rendah gula dan kalori


Buah blewah sangat baik untuk seseorang yang lagi proses diet karena buah blewah memiliki khasiat yang rendah gula dan kalori.

13. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Buah blewah memiliki kandungan kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang sering mengelu tekanan darah tinggi, buah blewah baik untuk dikonsumsi.

14. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Batu ginjal


Dari penelitian yang sudah terbukti bahwa Buah blewah bisa mengurangi resiko batu ginjal dan tulang keropos.

15. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Insomnia


Buah blewah juga bermanfaat untuk penderita insomnia (susah tidur). Kalau ingin tidur pulas makan buah blewah dulu!

16. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Asam urat


Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Selain itu juga dapat mencegah asam urat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara