Masya Allah! Terlahir Tuna Rungu, Putra Ganteng Artis Dewi Yull Ini Sukses Bikin Netizen Meleleh Lewat Videonya..



SocialTrenz - Terlahir dengan keadaan tuli tak membuat pria ganteng yang satu ini kehilangan semangat hidup. Ia justru punya segudang prestasi yang membuatnya semakin mempesona. Panji Surya Putra Sahetapy, adalah putra dari mantan pasangan Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Meski memiliki perbedaan dengan kebanyakan orang, namun nyatanya Surya justru punya segudang kelebihan lain yang menjadikannya layak dijadikan sebagai panutan.

Surya divonis dokter tuli berat sejak usianya masih dua tahun. Derajat ketulian telinga kanannya 105 decibel, sementara telinga kirinya mencapai 115 decibel. Sedangkan derajat pendengaran normal adalah 0 - 20 decibel. Surya bukanlah satu-satunya yang mengalami hal ini dalam keluarganya.

Seperti yang kita ketahui jika Gisca, kakak Surya juga mengalami hal yang serupa. Silsilah dalam keluarga Dewi Yull memang memiliki gen menurun yang berpotensi keturunannya mengalami kelainan tersebut.

Namun meski dirinya berbeda dengan orang kebanyakan, Dewi Yull ternyata bisa mendidik putranya dengan baik sehingga ia mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi dengan kekurangan yang ia miliki.
Surya tumbuh menjadi pemuda yang mengagumkan.

Saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Siswa Bangsa Internasional (SBI) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, kondisinya yang tidak sempurna ternyata membuat Surya mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi.

Ia amat peduli dengan sesamanya, terutama kepada orang-orang yang juga mempunyai kondisi serupa dengannya.

Sejak SMA, Surya aktif memperjuangkan hak-hak kaum tuli.


Dilihat di Instagram pribadinya, ia masih menjadi aktivis yang punya banyak kegiatan kemanusiaan hingga sekarang. Salah satu tujuannya berjuang adalah agar Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) diakui pemerintah sebagai bahasa resmi tuna rungu Indonesia.


Tak hanya itu, Surya juga aktif menjadi pengajar Bisindo di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Ia memang tampak sering memposting video di Instagram dengan menggunakan bahasa isyarat.

Bahkan bernyanyi pun ia lakukan dengan girang menggunakan bahasa insyarat. Tampaknya ketidakmampuannya untuk mendengar tak menghalangi Surya untuk tetap bersyukur dan bahagia. Berkat rasa percaya diri yang tinggi itu pula, Surya berhasil mendapatkan peran dalam film Aisyah yang dibintangi oleh Laudya Chintya Bella.

Dalam film ini, Surya berperan sebagai adiknya Bella. Namun yang unik, Surya berperan sebagai manusia normal dalam film tersebut.
"Orang tuli saja berusaha untuk bisa mendengar, kenapa yang bisa mendengar justru kadang berpura-pura tuli?," ungkapnya.

Kegigihan Surya untuk memperjuangkan hak-hak orang tuna rungu didorong dari pengalaman dirinya sendiri. Kesulitan Surya dalam mengenyam pendidikan sekolahnya membuatnya aktif memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan penderita tuli lainnya di seluruh Indonesia.

Surya percaya, bahwa penyandang tuli pun bisa dan berhak sukses seperti manusia normal lainnya. Di Instagram pribadinya @suryasahetapy, ia kini tampak sedang aktif menyuarakan gerakan dengan tagar #rasakansuara.

Gerakan tersebut mengajak netizen untuk ikut berbagi dengan orang-orang tuli dengan mengirim video menggunakan bahasa isyarat tentang apa yang dirasakan saat mendengar musik.

Ia juga sempat memposting video-video dirinya sedang bernyanyi menggunakan bahasa isyarat. Meski tak bersuara karena mengunakan bahasa isyarat, namun video tersebut sukses membuat banyak netizen meleleh, tentu saja terutama kaum hawa.

Berikut tonton videonya :





Sumber : tribunnews.com

0 Response to "Masya Allah! Terlahir Tuna Rungu, Putra Ganteng Artis Dewi Yull Ini Sukses Bikin Netizen Meleleh Lewat Videonya.."

Poskan Komentar